Ke Wonosobo ? Wajib mampir ke Tempat Wisata Ini

Dieng merupakan sebuah Desa di Wonosobo, Desa ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Dieng. Dieng punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore.
Baiklah agar tidak panjang lebar, langsung saja ke titik tujuan artikel ini kami buat, Artikel ini bertujuan Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Dieng yang paling indah, Terbaru dan di rekomendasikan untuk Anda Jelajahi. Berikut kami ulas secara singkat 26 Tempat Wisata di Dieng Terbaru yang harus segera Anda explore:

1. Telaga Warna




Telaga warna juga merupakan telaga terluas yang ada di dataran tinggi. Telaga warna sendiri mempunyai luas kira 3 kali lapangan sepak bola. Telaga warna dieng terletak di ketinggian 2000 meter diatas permkaan laut. Telaga tersebut juga dikelilingi oleh bukit bukit yang indah yang cocok sebagai tempat untuk refreshing. Telaga Warna merupakan danau vulkanik yang berisi air bercampur dengan belerang, Apabila terkena sinar matahari akan memantulkan sinar warna warni karena kandungan bahan mineralnya.

Terkadang berwarna biru dan kuning ataupun hijau dan kuning. Beberapa ranting dan pohon yang terlihat menambah keelokan telaga warna, jika cuaca memungkinkan telaga warna memantulkan warnanya seperti variasi pelangi. Mengenai mitos yang terdapat ditelaga warna, dahulu ada sebuah cincin milik bangsawan yang memiliki kekuatan / bertuah terjatuh kedalam telaga warna. Singkat cerita cincin tersebut mengakibatkan warna warni pada telaga warna. Selain terdapat telaga yang indah, disekitaran telaga tersebut juga terdapat berbagai macam goa yang bisa anda nikkmati.

2. Kawah Sikidang




Objek Wisata Kawah Sikidang di Wonosobo Jawa Tengah adalah salah satu objek wisata yang berada di kawasan vulkanik Dataran Tinggi Dieng.  Kawah Sikidang berlokasi di area datar, dikelilingi batuan belerang, dan mengepulkan uap panas disertai gejolak air mendidih berwarna kelabu.

Kandungan belerang yang tinggi membuat kawah tersebut mengeluarkan bau sangat menyengat seperti telur busuk, sehingga wisatawan yang berkunjung harus menggunakan masker sebagai penutup hidung. Kawah ini emiliki karakter sangat unik, dimana terdapat lubang- lubang fumarola yang cukup banyak, menyebar di sekitar kawah utama dan selalu berpindah-pindah tempat.

Oleh karena itulah, penduduk setempat memberinya nama Kawah Sikidang, bagaikan seekor kidang (rusa) yang selalu melompat-lompat dari satu tempat ke tempat lain. Sejauh mata memandang tampak hamparan tanah dan batuan belerang yang tampak tandus. Area perbukitan yang terlihat jauh mengelilingi area kawah memberikan kesan yang begitu eksotis.


3. Gunung Prau



tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Gunung Perahu di Dieng Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Wonosobo juga terkenal akan Objek Wisata Gunung Perahu di Dieng Wonosobo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi Objek Wisata Gunung Perahu di Dieng Wonosobo Jawa Tengah memiliki perbukitan berjejer di puncak Prau  memanjakan mata siapa saja yang memandang.  
Apalagi dimusim penghujan, warna Hijau segar dengan selang seling  bunga Daisy  dibawah naungan langit biru dengan hamparan awan menghampar menyelimuti horizon dan daratan dibawahnya sehingga seolah-olah kita sedang berada di negeri atas awan.  Langit malam dipuncak prau yang dipenuhi gemerlap bintang, belum  lagi silver Sunrise dengan latar belakang gunung-gunung disekitarnya menciptakan suasana melankolis dan damai. Perpaduan romantis antara Cahaya dan Hijau Alam Pegunungan. Gunung Prau berada pada ketinggian 2565 mdpl. Sedang secara Astronomis Gunung ini terletak pada koordinat 7° 11' 13" LS,  109° 55' 22" BTT Peristiwa terbit dan tenggelamnya sinar matahari adalah saat yang sering ditunggu-tunggu oleh para pendaki. Keindahan warna langit jelang pergantian hari tersebut selalu melahirkan pesona tersendiri apalagi jika dinikmati diketinggian Gunung Prau. Di atas puncak Gunung Prau inilah juga sering di jadikan tempat untuk hunting spot Golden Sunrise Prau yang spektakuler selain menikmati Golden Sunrise Sikunir.

4. Batu Pandang Ratapan Angin



merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Batu Ratapan Angin di Dieng Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Wonosobo juga terkenal akan .Objek Wisata Batu Ratapan Angin di Dieng Wonosobo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Objek Wisata Batu Ratapan Angin di Dieng Wonosobo Jawa Tengah juga disebut juga dengan nama Batu Pandang Dieng atau Batu Pandang Telaga Warna. Obyek wisata ini berupa dua buah batu yang bertumpuk di atas sebuah bukit di area Telaga Warna Dieng. Posisi batu yang tinggi dan dikelilingi oleh pepohonan dan semak belukar menghasilkan bunyi yang unik. Angin yang berputar dan menghembus daun-daun pepohonan menghasilkan bunyi gemerisik halus seperti siulan dan ratapan. Konon bunyi inilah yang membuat obyek wisata Batu Pandang Telaga Warna ini dinamai Batu Ratapan Angin. Anda juga bisa melihat keindahan  Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari Batu Ratapan tersebut. Dari atas batu Anda juga bisa melihat eksotisnya tebing-tebing batu di bukit-bukit terdekat. Bahkan, Anda juga bisa melihat Candi Bima, Kawah Sikidang, dan Tempat Eksplorasi Gas Pertamina. Tidak hanya itu, turun dari lokasi Batu Pandang ini Anda bisa mencoba wahana Flying Fox dengan membayar Rp. 20.000,-. Malahan ada lagi yang unik, tepat di atas Batu Ratapan Angin, yaitu sekitar 50 meter, ada wahana wisata buatan yaitu Jembatan Merah Putih. Jembatan gantung ini menghubungkan dua bukit di dekat Batu Pandang.  

5. Bukit Sikunir



tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah wonosobo juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota wonosobo juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Bukit Sikunir Dieng di Wonosobo Jawa Tengah ini. Wisata Bukit Sikunir Dieng di Wonosobo Jawa Tengah mungkin cuma bukit kecil, namun banyak kesan bisa didapat disini terutama kearena keindahan Golden Sunrisenya.di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, menjadi kawasan wisata yang paling banyak disinggahi wisatawan domestik maupun mancanegara pada malam pergantian tahun baru. 
Di Puncak Bukit Sikunir yang berketinggian 2 232 mdpl ini, Golden Sunrise yang konon merupakan Penampakan Matahari terbit terbaik seasia tenggara menyapa para wisatawan setiap paginya.  Selain keindahan Sunrisenya, di Sikunir anda juga bisa menyaksikan pemandangan gunung-gunung berjejer dari tempat ini. Mulai dari Gunung Sindoro, Gunung Slamet, Gunung Pakuwaja dan lainnya. Dari Puncak Sikunir pesona panorama pemandangan pegunungan Dieng juga bisa anda nikmati. barisan perbukitan dan pegunungan dengan kerlip lampu desa-desa dibawahnya menjadi pemandangan yang menakjubkan sebelum matahari beranjak menerangi dunia. Dari bukit ini, wisatawan bisa memandang tujuh puncak gunung, yakni Sindoro, Merapi, Merbabu, Lawu, Telomoyo, Ungaran, dan Prau di kawasan Dieng. Dari puncak Sikunir, ketika pandangan mengarah ke barat terlihat Telaga Cebong yang bersebelahan dengan perkampungan Sembungan. Di sekitar Bukit Sikunir selain Telaga Cebong juga ada empat telaga lain, yakni Asat atau Wurung, Gunung Kendil, dan dua Telaga Pakuwujo. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

OMAH KAYU Batu Malang – Penginapan Kayu di atas Pohon

INI DIA WISATA YANG PAPUA PUNYA