Tips Agar Cepat Lulus dan Wisuda






Ngaku, siapa yang skripsinya belum selesai sampai sekarang? Apa mengerjakan skripsi sesulit itu? Kira-kira apa yang membuat Loopers tetap bertahan di kampus dan menambah masa studi? Apa harus nunggu junior-juniormu lulus duluan supaya kamu semangat mengerjakan skripsi?


Daripada galau, mending simak dulu deh tips supaya kamu lebih cepat saat mengerjakan skripsi. Simak sampai habis ya, Loopers!
1. Cari tema skripsi yang kamu kuasai
Iya tahu, Loopers mungkin bakal bangga kalau meneliti sesuatu yang sangat sulit. Ya, mungkin standar kamu juga tinggi banget, tapi beda urusannya kalau kamu pengin cepat lulus. Faktanya, tema skripsi yang kamu kuasai dengan baik justru akan mempermudah jalanmu menuju wisuda.
Saat mulai mengambil skripsi, usahakan untuk mencari tema-tema skripsi yang anti-mainstream tapi cukup mudah. Jangan cuma menyiapkan satu tema, siapkan juga tema-tema cadangan. Jaga-jaga kalau dosen pembimbing Loopers merasa keberatan dengan tema yang kamu ajukan.
cepat wisuda
2. Cari motivasi
Ingat, satu hari menunda skripsi sam dengan menunda pernikahan. Hiiiy, serem gak tuh? Walaupun skripsi membuatmu ingin menyerah dan menikah saja, tapi bayangkanlah senyum orang tua saat kamu menerima ijazah nanti.
Apapun motivasimu untuk segera lulus kuliah, perkuatlah. Badai pasti akan berlalu, begitupun dengan skripsi. Jangan sampai kamu malah menyerah di tengah jalan karena malah akan menambah waktu studi kamu lebih lama.
Psst, menunda-nunda skripsi juga bakal membuat kamu makin malas untuk mengerjakannya, lho. Jadi, tetap semangat dan jangan menyerah!
cepat wisuda
3. Bikin deadline sendiri
Pertama-tama, pasang dulu target waktu wisuda yang kamu inginkan. Setelah itu, jadwalkan dengan pasti setiap bimbingan, target revisi, dan detil-detil lainnya.
Nah, pastikan bahwa kamu harus benar-benar konsisten dengan target yang udah kamu pasang. Jangan malas-malasan dan stick to the plan. Gak mau kan jadi mahasiswa abadi dan kesusul wisuda sama junior-junior kamu?
cepat wisuda
4. Pilih tempat mengerjakan skripsi yang menurutmu paling nyaman dan kondusif
Setiap orang pasti punya cara belajar sendiri. Begitu pula dengan mengerjakan skripsi. Ada yang suka mengerjakannya sendiri, ada juga yang lebih senang mengerjakan skripsi secara kelompok.
Bagaimanapun caranya, pastikan skripsi Loopers bisa selesai pada waktunya. Kalau memang kamu udah nyaman mengerjakan skripsi sendiri di tempat yang sepi, ya lakukanlah. Begitu pun sebaliknya, kalau memang lebih senang mengerjakan skripsi secara berkelompok, maka carilah teman yang setipe sama kamu.
Tapi, sebisa mungkin carilah tempat yang tenang. Paling pas sih kalau Loopers termasuk mahasiswa yang sedang ngekost. Malam hari di tempat kost adalah waktu yang pas untuk mengerjakan skripsi.
cepat wisuda
5. Kalau bisa memilih, pilihlah dosen pembimbing yang asik
Dosen pembimbing dengan segala drama revisi yang menyertainya adalah hal yang menentukan masa depan Loopers di bangku kuliah. Kalau kampusmu punya sistem yang memungkinkan kamu memilih dosen pembimbing, pilihlah dosen yang paling asik.
Dosen yang asik atau bisa diasikin pasti bakal memudahkan Loopers saat proses bimbingan. Eits, tapi jangan sampai dosen itu malah menjatuhkanmu saat siding nanti. Jadi, usahakan untuk mencari dosen yang benar-benar ngerti sama kajian skripsi yang Loopers ambil.
Tips tambahan, carilah dosen yang berlawanan jenis kelamin. Ini penting, karena terkadang, dosen yang berjenis kelamin dengan kamu tingkat sensinya bakal lebih tinggi dibanding dengan yang berbeda. Gak percaya? Buktikan sendiri, deh!
cepat wisuda

6. Cari muka sama dosen pembimbing

Cari muka di sini maksudnya bukan kasih barang-barang semacam gratifikasi gitu, ya. Cari muka di sini maksudnya sebisa mungkin membuat dosenmu senang selama kamu melakukan bimbingan. Salah satu cara yang bisa Loopers coba adalah dengan membaca buku yang ia tulis jika memang ia menulis buku.
Jadikan buku hasil penelitian si dosen pembimbing tersebut sebagai salah satu referensi. Kalau pun enggak, kamu bisa bawa buku-bukunya saat bimbingan biar doi merasa tersanjung. Nah, kalau mood doi bagus, kamu pasti bakal lebih dipermudah.
cepat wisuda
7. Datang ke wisudaan teman
Emang sih kedengarannya sedikit aneh, tapi gak ada salahnya dicoba biar cepat wisuda. Datang ke wisudaan teman secara gak langsung bakal termotivasi untuk mulai mengerjakan revisi lagi. Ya, siapa tahu abisa datang wisudaan juga bisa dapat kiat-kiat menyelesaikan skripsi dari yang lebih berpengalaman.
Kalau bisa malah datang ke nikahan teman biar tambah semangat. Selain dapat semangat buat ngerjain skripsi, datang ke nikahan teman juga bisa membuat Loopers dapat jodoh.
cepat wisuda
8. Fokus!
Coba sebutkan, ada berapa tipe mahasiswa di kampus? Kupu-kupu alias si kuliah pulang-kuliah pulang, kura-kura alias si kuliah rapat-kuliah rapat, atau capung alias cari pacar pulang kampung? Dari ketiga tipe tersebut, kamu termasuk yang mana nih?
Jadi mahasiswa aktif organisasi itu gak ada salahnya kok, bagus malah. Tapi, ada juga beberapa orang yang akhirnya malah mengabaikan skripsi demi kegiatan non-akademik. Kalau memang Loopers bukan tipe orang yang bisa bagi waktu, sebaiknya stop dulu kegiatan-kegiatan tersebut.
Skripsi kamu pasti akan lebih cepat selesai kalau kamu mau fokus demi cepat wisuda. Gak mau kan kuliahmu hancur gara-gara terlalu sering rapat mengurusi kegiatan kampus? Ingatlah bahwa tujuan utama kamu sekolah itu buat jadi sarjana!
cepat wisuda
9. Minta doa sama orang tua
Doa orang tua adalah senjata paling ampuh untuk melancarkan skripsi kamu. Meskipun sebenarnya mereka memang akan tetap mendoakan kamu, tapi gak ada salahnya juga untuk meminta doa secara langsung sama orang tua.
Percaya deh, niat baik kamu untuk membanggakan mereka lewat cepat wisuda pasti akan bikin orang tuamu makin senang. Doanya pun pasti bakal mengalir lebih sering.
cepat wisuda
10. Jangan lupa berdoa
Kata orang, berdoa tanpa berusaha itu percuma saja. Begitupun sebaliknya, berusaha tanpa berdoa juga gak akan jadi apa-apa. Jadi, mulailah berusaha sambil mendekatkan diri pada Tuhan. Minta segalanya dipermudah dan diberikan jalan.
cepat wisuda

sumber: https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=2482947348647089357#editor/target=post;postID=3405529921340134664






sumber: https://www.youtube.com/watch?v=2tuv5lASheQ















Komentar

Postingan populer dari blog ini

OMAH KAYU Batu Malang – Penginapan Kayu di atas Pohon

INI DIA WISATA YANG PAPUA PUNYA